Sabtu, 02 Juni 2012

TUGAS PBW (MODUL 3 MATEMATIKA KLS XI IPA)


M A T E M A T I K A
MODUL  3
  



MATERI POKOK
S T A T I S T I K A

KELAS  :  XI IPA

SEMESTER  :  I (SATU)


OLEH :

ENDRAWITA
NIM. 1104002
Blog: endrawita.blogspot.com
Email: witaendra@yahoo.co.id


SMA NEGERI 4 KERINCI
KECAMATAN SIULAK
KABUPATEN KERINCI
2012

STATISTIKA


PENGANTAR :

Modul ini kami susun sebagai salah satu sumber belajar untuk siswa agar dapat dipelajari dengan lebih mudah. Kami menyajikan materi dalam modul ini berusaha mengacu pada pendekatan kontekstual dengan diharapkan matematika akan makin terasa kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

STANDAR KOMPETENSI    : 1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan     sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR         :1. Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogif.
INDIKATOR                        :
  1.  Memahami cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
 2. Menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.
3.   Membaca sajian data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok).
4  .Membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, diagram batang dan diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif.      
5.     Menyajikan data dalam berbagai bentuk tabel, meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok).
6.    Menyajikan data dalam berbagai bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon  frekuensi, diagram campuran, dan ogif.
 7.   Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk tabel dan diagram.
8.  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dasar statistika (data (jenis-jenis data, ukuran data), statistika, statistik, populasi, sampel, data tunggal), penyajian  data dalam bentuk tabel (daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, daftar distribusi frekuensi  kumulatif), dan penyajian data dalam bentuk diagram (diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon  frekuensi, diagram campuran, dan ogif).


TUJUAN PEMBELAJARAN :
a.       Peserta didik dapat memahami cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.);
b.      Peserta didik dapat menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras Disiplin.. Demokratis.);
c.       Peserta didik dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin.Demokratis.);
d.      Peserta didik dapat membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, diagram batang dan diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.);
e.       Peserta didik dapat menyajikan data dalam berbagai bentuk tabel, meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.);
f.         Peserta didik dapat menyajikan data dalam berbagai bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang daun, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, poligon  frekuensi, diagram campuran, dan ogif. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.);
g.      Peserta didik dapat menafsirkan data dari berbagai macam bentuk tabel dan diagram. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.);

KEGIATAN BELAJAR      : 
       I.      Judul sub kegiatan belajar :
·   Menyajikan data ukuran menjadi data statistik deskriptif
·   Penyajian data dalam bentuk diagram
·   Data Distribusi Frekuensi, Frekuensi Relatif dan Frekuensi Kumulatif
    II.      Uraian materi dan contoh
      Menyajikan data ukuran menjadi data statistik deskriptif
1.      Memahami Statistik, populasi dan sample
Statistika adalah ilmu pengetahuan tentang cara-cara pengumpulan data, pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Statistik adalah kumpulan fakta yang umumnya berbentuk bilangan / angka dan disajikan dalam bentuk tabel atau diagram sehingga dapat menggambarkan suatu masalah.
Populasi adalah keseluruhan objek yang akan diteliti.
Sampel adalah sebagian dari populasi yang benar-benar diteliti
2.      Memahami statistik lima serangkai
Statistik peringkat adalah penyusunan data dari yang terbesar sampai yang terkecil (diurutkan)
Statistik ekstrim :
·         Statstik minimum adalah nilai datum terkecil dilambangkan x1
·         Satistik maksimum adalah nilai datum terbesar dilambangkan xn
Kuartil
·         Kuartil bawah/pertama (Q1)
·         Median / kuartil kedua (Q2)
·         Kuartil ketiga/atas (Q3)
Kelima data statistik  X1, Q1, Q2, Q3, Xn disebut statistik lima serangkai. Bagannya sbb:
                  Q2 =…
Q1 =…
Q3 =…
X1 =…
Xn =…
3.      Memahami jangkauan data, Jangkauan antar kuartil
           Jangkauan/ Range adalah selisih mutlak kedua statistik ekstrim/ data terbesar dikurang data terkecil
J = Xn – X1 = Xmax – Xmin
 Jangkauan antar kuartil /  Hamparan adalah selisih Q3 dan Q1
H = Q3 –Q1
Jangkauan semi interkuartil ( Simpangan kuartil)
Qd = ½ (Q3- Q1)
Rataan Quartil = ½ (Q3 – Q1)
Rataan tiga kuartil = ¼ ( Q1 + 2Q2 + Q3)
Penyajian data dalam bentuk diagram
A.     Data Ukuran (Kontinu) dan Data Cacahan(Deskrit)
Data adalah keterangan atau fakta mengenai sesuatu persoalan
Data kualitatif adalah data kategori missal; rusak, baik, senang, puas.
Data kuantitatif adalah data berbentuk bilangan missal: dat berat badan, banyak siswa dll.
Ada 2 jenis data kuantitatif:
1.      Data ukuran ( kontinu) yaitu data yang diperoleh dengan cara mengukur. Misal: tinggi menara 30 m, berat badan 50 kg dll.
2.      Data cacahan ( deskrit) yaitu data yang diperoleh dengan cara menghitung. Misal: jumlah siswa kls XI IPA 1 ada 30 anak
                 SMA 13 mempunyai 20 ruang kelas.

         B.  Diagram Batang, Diagram Lingkaran dan Diagram Garis
 1. Diagram Batang adalah penyajian data statistic yang menggunakan persegi panjang atau batang dengan lebar batang sama dengan jarak antara batang yang satu dengan yang lainnya, serta dilengkapi dengan skala sehingga ukuran datanya dapat dilihat dengan jelas.
      
2. Diagram Lingkaran adalah penyajian data statistic dengan menggunakan gambar yang berbentuk daerah lingkaran.
3. Diagram Garis adalah penyajian data statistic dengan menggunakan gambar berbentuk garis lurus.
4. Diagram Batang Daun yaitu teknik penyajian data dalam bentuk batang dan daun yang bertujuan untuk menampilkan data yang akurat darai suatu opservasi.
5. Diagram Kotak Garis (DKG) adalah diagram yang berupa kotak dan garis dengan ketentuan sbb:
·         Data statistic yang dipakai untuk menggambar DKG adalah statistic lima serangkai
·         Diagram tersebut berbentuk seperti kotak seperti persegi panjang dan mempunyai ekor ke kiri dan ke kanan yang berupa garis.
·         DKG meliputi jangkauan antar kuartil atau hamparan dan data yang berada di dalam kotak adalah median dan kuartil bawah (Q1) serta kuartil atas (Q3).
·         Persegi panjang yang mempunyai ekor memeanjang kekiri dan kekanan mencakup semua data ( kecuali pencilan)
·         Pencilan adalah data yang letaknya diluar pagar dalam dan pagar luar biasanya diberi tanda * .
                           Q1             Q2          Q3
             +

                                                      X1                          Xn     
MODUL  STATISTIK DAN PELUANG,   compiled by: ENDRAWITA, S.Pd

             Data Distribusi Frekuensi, Frekuensi Relatif dan Frekuensi Kumulatif
A. Daftar Distribusi Frekuensi Tunggal
Nilai ulangan matematika dari 40 siswa :
8   5  7  4  4  5  7  7  6  4  7  6  6  5  4  8  8  7  6  5 
5  6  7  8  4  5  7  6  7  6  7  7  6  6  8  6  6  4  4  5           
                  Data di atas dapat disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi data tunggal:
Nilai
Turus
Frekuensi
4
5
6
7
8
1111111
1111111
11111111111
1111111111
11111
7
7
11
10
5
Jumlah

∑f = 40
        
   B. Daftar Distribusi Frekuensi Data Kelompok
     Nilai ulangan matematika dari 100 siswa:
Nilai
Frekuensi
30 – 34
35 – 39
40 – 44
45 – 49
50 – 59
60 – 64
65 – 69
70 – 74
3
7
12
17
25
18
13
5
Jumlah
∑f = 100

Beberapa istilah yang ada  pada frekuensi data kelompok:
1. Kelas interval
Kelompok-kelompok data seperti 30 – 34, 35 – 39, …, 70 – 74 disebut kelas interval.
2. Batas kelas
Bilangan 30, 35, …70 disebut batas bawah kelas, sedangkan 34, 39, … ,74 batas atas kelas.
                  3. Tepi kelas
Tepi bawah = batas bawah - 0,5 satuan terkecil.
Tepi atas = batas atas – 0,5 satuan terkecil.
                 4. Panjang kelas / lebar kelas
Panjang kelas = tepi atas – tepi bawah kelas
                 5. Titik tengah kelas
Titik tengah kelas = ½ ( batas bawah + batas atas )

Langkah-langkah untuk membuat daftar distribusi frekuensi data kelompok:
1. Menentukan jangkauan
J = X max – X min = Xn – X1
2. Menentukan banyaknya kelas interval
Biasanya diambil paling sedikit 5 kelas dan paling banyak 15 kelas.
Atau menggunakan aturan Sturgers:
k = 1+ 3,3 log n
k = banyaknya kelas
n = banyaknya data
3. Menentukan panjang kelas interval
p =  jangkauan      
       banyaknya kelas
4. Menentukan batas kelas dimana semua nilai tercakup di dalamnya.
5. Menentukan nilai frekuensi tiap kelas dengan turus.

C.  Distribusi Frekuensi Relatif
Frekuensi relatif adalah banyaknya data (frekuensi ) yang dihitung dengan prosen.
Frekuensi Relatif =      fi          x   100%
                                    ∑fi
Contoh :

Nilai
Frekuensi
Frekuensi Relatif (%)
36 – 44
45 – 53
54 – 62
63 – 71
72 – 80
81 – 89
90 – 98
2
5
6
12
8
4
3
5
12,5
15
30
20
10
7,5
Jumlah

100

Frekuensi relative untuk kelas pertama = 2 x 100%
                                                                  40

            D. Distribusi frekuensi kumulatif
                  Ada 2 macam daftar distribusi frekuensi kumulatif yaitu:
1.      Daftar distribusi frekuensi kumulatif kurang dari.
2.      Daftar distribusi frekuensi kumulatif lebih dari.
E. Histogram, Polygon Frekuensi dan Ogive
·         Histogram merupakan diagram batang dimana batang-batangnya saling dihimpitkan.Apabila tengah tiap sisi atas batang dihubungkan satu sama lain diperoleh polygon frekuensi.
·         Ogive positive merupakan grafik yang disusun berdasarkan table frekuensi kumulatif kurang dari.
·         Ogive negative merupakan grafik yang disusun berdasarkan table frekuensi kumulatif lebih dari.

 III.      Latihan 1
1. Hasil ulangan matematika dari 15 siswa sbb:
9  7  6  8  9  7  6  4  5  6  8  7  7  8  5
Tentukan:
a. statistik peringkat
b. nilai ekstrim
c. median
d. kuartil bawah dan kuartil atas
e. statistik  lima serangkai
2. Diketahui data : 12   30   16   39   46   26   15   36   20   21   27   31   38   19   24   13   15   17   43   45
Tentukan : a. Nilai ekstrim
b. Kuartil atas dan kuarti bawah
c. jangkauan
d. Hamparan
e. Simpamgan kuartil
f. Rataan kuartil
g. Rataan tiga kuartil

3. Tabel di bawah ini menunjukkan nilai matematika di suatu kelas.
Nilai
Frekuensi
40 – 46
47 – 53
54 – 60
61 – 67
68 – 74
75 – 81
82 – 88
2
5
7
10
8
6
2

Tentukan :   
a.       banyaknya interval kelas
b.      panjang interval kelas
c.       batas bawah interval kelas ke 3
d.      batas atas interval kelas ke 2
e.       tepi bawah interval kelas ke 4
f.       tepi atas interval kelas ke 5
g.      frekuensi yang terbesar terletak pada interval kelas ke…

4. Skor nilai ulangan matematika kelas XI SMA di suatu sekolah sbb:
32   47   60   48   32   42   31   39   23   24  
22   23   41   49   42   54   46   26   52   31        
43   49   27   29   37   29   49   32   45   30
47   26   57   47   35   63   38   38   42   34  
20   57   45   25   36   30   51   45   42   34
41   45   59   24   24   44   63   69   45   38
21   18   54   41   35   48   59   31   42   33
62   42   46   24   61   17   53   34   38   28
48   19   39   25   56   47   43   42   52   61
54   20   42   36   43   51   44   24   57   24
a. Buatlah daftar distribusi frekuensi data kelompok
b. Gambarlah diagram histogram dan polygon frekuensi
c. Buatlah distribusi frekuensi kurang dari dan lebih dari
d. Gambarlah kurva ogive positif dan ogive negatif.
 IV.      Tes Formatif 1
( Terlampir)
    V.      Kunci Jawaban Latihan 1
   (Terlampir)
MODUL  STATISTIK DAN PELUANG,   compiled by: ENDRAWITA, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar