Jumat, 01 Juni 2012

TUGAS PBW ( MODUL 1 MATEMATIKA SMA)


M A T E M A T I K A
MODUL  1
 

MATERI POKOK
SISTEM PERSAMAAN LINEAR
DAN PERTIDAKSAMAAN
SATU VARIABEL

KELAS  :  X

SEMESTER  :  1 (SATU)


OLEH :

ENDRAWITA
NIM. 1104002
Blog: endrawita.blogspot.com
Email: witaendra@yahoo.co.id


SMA NEGERI 4 KERINCI
KECAMATAN SIULAK
KABUPATEN KERINCI
                                                          2012



SISTEM PERSAMAAN LINEAR
DAN PERTIDAKSAMAAN
SATU VARIABEL


STANDAR KOMPETENSI           :    3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel.

KOMPETENSI DASAR              :   3.1.     Menyelesaikan sistem persamaan  linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel.
                                                     : 3.2.  Merancang model matematika dari masalah yang            berkaitan dengan sistem persamaan linear.
                                                  3.3.   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya.
                                             3.4.  Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.
                                    3.5.  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.
                                                3.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya.

INDIKATOR                                :  
 1.  Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear    dua variabel.
2.   Memberikan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan lineardua variabel.
3.    Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga  variabel.
4.  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear tiga variabel.
5.    Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel.
6.   Menentukan penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel.
7.  Menyelesaikan sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel.
8.  Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linear, menentukan besaran dari masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.
9.  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel, sistem persamaan kuadrat, sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel, serta penerapan sistem persamaan linear dua dan tiga variabel.
10. Menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan.
11. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).
12. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.
13. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.
14. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.1. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
22. Peserta didik dapat memberikan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras
3. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
44. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
55. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
6.    Peserta didik dapat menyelesaikan sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
77. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linear, menentukan besaran dari masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
88. Peserta didik dapat menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
99. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
10.  Peserta didik dapat menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
11.  Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel, menentukan besaran dari masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
.

    MODUL  STATISTIK DAN PELUANG,  Compiled  by: ENDRAWITA, S.Pd



BAB I 
PENDAHULUAN

A. Deskripsi
Dalam modul ini Anda akan mempelajari Sistem persamaan linear-linear dua variabel, tiga variabel, Sistem persamaan linear-kuadrat, Sistem persamaan kuadrat-kuadrat, dan merancang model matematika yang berkaitan dengan sistem persamaan linear, kuadrat.
B. Prasyarat 
Untuk mempelajari modul ini, para siswa diharapkan telah menguasai dasar-dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan real.
C. Petunjuk Penggunaan Modul
Untuk mempelajari modul ini, hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah  sebagai berikut:
1. Untuk mempelajari modul ini haruslah berurutan, karena materi yang mendahului merupakan prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.
2. Pahamilah contoh-contoh soal yang ada, dan kerjakanlah semua soal latihan yang ada. Jika dalam mengerjakan soal Anda menemui kesulitan,  kembalilah mempelajari materi yang terkait.
3. Kerjakanlah soal evaluasi dengan cermat. Jika Anda menemui kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi, kembalilah mempelajari materi yang terkait.
4. Jika Anda mempunyai kesulitan yang tidak dapat Anda pecahkan, catatlah,  kemudian tanyakan kepada guru pada saat kegiatan tatap muka atau bacalah referensi lain yang berhubungan dengan materi modul ini. Dengan membaca referensi lain, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan tambahan.

D. Tujuan Akhir 
Setelah mempelajari modul ini diharapkan Anda dapat:
1.  Menentukan sistem persamaan linear-linear dua variabel,
2.  Menentukan sistem persamaan linear-linear tiga variabel,
3.  Menentukan sistem persamaan linear-kuadrat
4.  Menentukan sistem persamaan kuadrat-kuadrat
5.   Merancang model matematika yang berkaitan dengan sistem persamaan linear,kuadrat.


MODUL  STATISTIK DAN PELUANG,  Compiled  by: ENDRAWITA, S.Pd

 
BAB  II 
PEMBELAJARAN

A. SISTEM PERSAMAAN LINEAR DAN LINEAR
Bentuk Umum sistem persamaan liniear dan linear
  1. Sistem persamaan linear dengan 2 variabel / SPL 2 variabel 
 
x dan y adalah variabel
            Cara menyelesaikannya dengan :
a.       Metode Eliminasi
b.      Metode Substitusi
c.       Metode Campuran Eliminasi dan Substitusi
d.      Metode Grafik
Contoh :
Tentukan himpunan penyelesaian dari SPL berikut
1.      Eliminasi
                                               
2.   Substitusi
Dari persamaan (1) y = x – 2 disubstitusikan ke persamaan (2) diperoleh
      3x – 7(x – 2) = -2
      3x – 7x + 14 = -2
      -4x = -16
         x = 4

      Untuk x = 4 disubstitusikan ke persamaan (1)
      4 – y = 2
      y  = 4 – 2
          = 2
3.   Campuran Eliminasi dan Substitusi
               
                                                  4y  = 8
                                                    y  = 2
      y = 2 disubstitusikan ke persamaan (1)
      x – 2 = 2
      x       =  4





                  Dengan grafik dapat dilihat :
a.       Jika kedua garis berpotongan pada satu titik (himpunan penyelesainnya tepat satu anggota)
b.      Jika kedua garis sejajar, tidak mempunyai himpunan penyelesaian
c.       Jika kedua garis berhimpit (himpunan penyelesaiannya mampunyai anggota tak terhingga)

2.   Sistem persamaan linear dengan 3 variabel / SPL 3 variabel
      
            Contoh : Tentukan himpunan penyelesaian dari SPL berikut :
                          
            Dengan Metode campuran Eliminasi dan Substitusi :
Misal dimulai dengan mengeliminasi z
                  
(4) dan (5)
                         
x = 4/5 dan y = 14/5 disubstitusi ke persamaan (1) :
x + y – z = 3
4/5 + 14/5 – z = 3
18/5 – z = 3
z = 18/5 – 3
z =  3/5
Jadi HP : {4/5,14/5,3/5}


Tugas I
  1. Tentukan himpunan penyelesaian dari SPL berikut
a.       2p + 3q = 1
3p + 4q = 1
b.      -5m + 3n = 4
6m – 5n = 5
c. 
2.  Tentukan himpunan penyelesaian dari SPL berikut :
            a.   7x = 21
                  x + 2y = 11
                  2x – y + z = 7
b.      a + b + 2c = 3
4a + 2b + c = 13
2a + b – 2c = 19
c.       x + 2y = -7
3y – z = -11
5x + 2z = -25

B. SISTEM PERSAMAAN LINEAR DAN KUADRAT
      Bentuk Umum :
      y = px + q
      y = ax2 + bx + c
      p, q, a, b dan c  R
      Cara menyelesaikannya :
1.      Substitusi
Substitusikan y = px + q    ke    y = ax2 + bx + c
Diperoleh :
px + q = ax2 + bx + c
ax2 + (b-p)x + (c-q) = 0
dengan D = (b-p)2 – 4.a.(c-q)
ada 3 kemungkinan himpunan penyelesainnya :
a.       Jika D = 0 (parabola berpotongan dengan garis di satu titik)
b.      Jika D >0 (parabola berpotongan dengan garis di dua titik) 
c.       Jika D < 0 (parabola dan garis tidak berpotongan)


2.      Grafik
Ada 3 kemungkinan : 
 
Contoh :
Tentukan himpunan penyelesian dari :
y = 2 –x
y = x2
jawab :
Substitusika y = 2 – x   ke  y = x2  diperoleh :
x2 = 2 – x                                      D = b2 – 4ac
x2 + x – 2 = 0                                D = (1)2 – 4.(1).(2) = 1 + 8 = 9
(x – 1)(x + 2) = 0                           D > 0 (ada 2 penyelesaian)
x = 1  atau  x = -2
x = 1 disubstitusikan ke y = 2 – x = 2 – 1 = 1
x = -2 disubstitusikan ke y = 2 – (-2) = 2 + 2 = 4
Jadi himpunan penyelesaian {(1,1),(-2,4)}
Dengan grafik dapat digambarkan sebagai berikut
 

                                                                       
                                                                            
MODUL  STATISTIK DAN PELUANG,  Compiled  by: ENDRAWITA, S.Pd


C.  SISTEM PERSAMAAN KUADRAT - KUADRAT
      Bentuk Umum :
      y = ax2 + bx + c
      y = px2 + qx + r
      Cara menyelesaikannya :
      1.   Substitusi
            Persamaan (1) disubstitusikan ke persamaan (2) diperoleh :
            (a – p)x2 + (b – q)x + (c – r) = 0   dengan
            D = (b – q)2 – 4.(a – p).(c – r)
            Kemungkinan penyelesaiannya :
a.       Jika D > 0 (parabola saling berpotongan di dua titik)
b.      Jika D = 0 ( parabola saling berpotongan di satu titik)
c.       Jika D < 0 (parabola tidak saling berpotongan)
2.      Grafik
Dengan menggambar kedua parabola dalam satu sistem koordinat
Contoh :
Tentukan himpunan penyelesaian dari
y = x2
y = 8 – x2
Jawab :
Substitusikan (1)  ke  (2)
x2 = 8 – x2
      2x2 – 8 = 0
      x2 – 4 = 0
      (x – 2)(x + 2) = 0
      x = 2   atau   x = -2
      x = 2 diperoleh y = 22 = 4
      x = -2  diperoleh y = (-2)2 = 4
      Jadi HP : {(2,4) , (-2,4)}

      



Tugas II
1.   Tentukan himpunan penyelesaian dari :
      a.   y = x – 3
            y = x2 – 4x + 3
      b.   y = x + 3
            2y = x2 – 2x + 1
      c.   y – 2x – 3 = 0
            y – 2x2 + 4x – 7 = 0
2.   Tentukan himpunan penyelesaian dari :
      a.   y = x2 – 3x – 1
            y = 3x2 + 5x + 7
      b    y = x2 + 1
            y = 9 – x2
      c.   y = 2x2 – 6x
            y = x2 – 2x + 6

D.        MERANCANG MODEL MATEMATIKA YANG BERKAITAN DENGAN SPL
Contoh :
Sepuluh tahun yang lalu umur kakek enam kali umur adikku. Lima tahun yang akan datang jumlah umur kakek dan adikku sama dengan 93 tahun. Jika umur nenek lebih muda 6 tahun dari kakek. Berapa umur nenek sekarang.
Jawab :
Misal  umur kakek sekarang adalah x
           Umur adikku sekarang adalah y


Diperoleh persamaan :
a.       x – 10 = 6(y – 10)
x – 6y = -50 .............. (1)
b.   (x + 5)+(y + 5) = 93
      x + y + 10 = 93
      x + y = 83...................(2)
      Eliminasi persamaan (1) dan (2)
      x – 6y = -50
      x + y  = 83
 
      - 7y  = -133
          y  =  19
      x + y = 83
      x       = 83 – 19
              =  64
Contoh :
Diketahui y = px – 14  dan  y = 2x2 + 5x – 12, tentukan batas-batas p supaya
a.       Berpotongan di 2 titik
b.      Bersinggungan
c.       Tidak berpotongan  maupun bersinggungan
Jawab :
y = px – 14  substitusikan ke  y = 2x2 + 5x – 12
diperoleh :
2x2 + 5x – 12 = px – 14
2x2 + (5 – p)x + 2 = 0
D = (5 – p)2 – 4.2.2
    =  25 – 10p + p2 – 16
    =  p2 – 10p + 9
a.       Berpotongan di dua titik (D > 0)
      p2 – 10p + 9 > 0
      (p – 1)(p – 9) > 0
      p < 1  atau  p > 9
b.   Bersinggungan di satu titik (D = 0)
      p2 – 10p + 9 = 0
      (p – 1)(p – 9) = 0
      p = 1  atau  p = 9 

c.  Tidak berpotongan dan menyinggung (D < 0)
      p2 – 10p + 9 < 0
      (p -  1)(p – 9) < 0
      1 < p < 9

Tugas III
  1. Jika jumlah dua bilangan adalah 67 dan selisihnya adalah 45. Tentukan bilangan-bilangan tersebut
  2. Parabola y = ax2 + bc + c  melalui titik-titik (1,1), (-1,-5), dan (3, 23)
Tentukan nilai a, b, c
3.   Diketahui tiga bilangan a, b, dan c. Rata-rata dari ketiga bilangan tersebut adalah 16. Bilangan kedua ditambah 20 sama dengan jumlah bilangan yang lainnya. Bilangan ketiga sam dengan jumlah bilangan yang lain dikurangi 4. Tentukan bilangan-bilangan itu.

MODUL  STATISTIK DAN PELUANG,  Compiled  by: ENDRAWITA, S.Pd


BAB III
 PENUTUP


Setelah menyelesaikan modul ini, anda berhak untuk mengikuti tes untuk menguji kompetensi yang telah anda pelajari. Apabila anda dinyatakan memenuhi syarat ketuntasan dari hasil evaluasi dalam modul ini, maka anda berhak untuk melanjutkan ke topik/modul berikutnya.


MODUL  STATISTIK DAN PELUANG,  Compiled  by: ENDRAWITA, S.Pd

DAFTAR PUSTAKA


Kuntarti Kurnianingsih,  Sulistyono. Matematika SMA dan MA 1A.
ESIS Erlangga. 2007
LKS  Simpati SMA.  Matematika Untuk Kelas XI Program IPA Semester 1 & 2.
 CV GRAHADI.Surakarta.
LKS Simpati SMA Matematika Untuk Kelas X Semester 1 & 2.
CV GRAHADI.Surakarta.
Perangkat Pembelajaran SMA / MA. Mata Pelajaran Matematika Kelas X – XII Semester 1 & 2. CV. AZZAHRA. Jakarta.
Sartono Wirodikromo, 2006. Matematika untuk SMA Kelas X, Penerbit Erlangga. Jakarta.
Suwah,Sembiring,  dkk. Matematika Bilingual untuk SMA/MA Kelas X Semester
1 dan 2. Yrama Widya. 2008
Tampomas, Husein. Seribu Pena Mateamtika SMU Kelas 1. Erlangga. 1999

Willa Adrian Soekotjo Loedji. 2009. Matematika Bilingual Untuk SMA Kelas XI IPA Semester 1&2. CV. Yrama Widya. Bandung.



MODUL  STATISTIK DAN PELUANG,  Compiled  by: ENDRAWITA, S.Pd















 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar