Jumat, 01 Juni 2012

TUGAS PBW (MODUL 4 MATEMATIKA KELAS XI IPA)


M A T E M A T I K A
MODUL  4
 


MATERI POKOK
S T A T I S T I K A

KELAS  :  XI IPA

SEMESTER  :  I (SATU)



OLEH :

ENDRAWITA
NIM. 1104002
Blog: endrawita.blogspot.com
Email: witaendra@yahoo.co.id




SMA NEGERI 4 KERINCI
KECAMATAN SIULAK
KABUPATEN KERINCI
2012

 
STATISTIKA

PENGANTAR :
Modul ini kami susun sebagai salah satu sumber belajar untuk siswa agar dapat dipelajari dengan lebih mudah. Kami menyajikan materi dalam modul ini berusaha mengacu pada pendekatan kontekstual dengan diharapkan matematika akan makin terasa kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

STANDAR KOMPETENSI        : 1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan  sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR             : 1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran  penyebaran data serta penafsirannya.
INDIKATOR                      : 
 1. Menentukan ukuran pemusatan data, meliputi rataan (rataan data tunggal, rataan sementara data tunggal, rataan data berkelompok, rataan sementara data berkelompok, pengkodean atau coding data berkelompok), modus, dan median.
2.    Memberikan tafsiran terhadap ukuran pemusatan data.
3.   Menentukan ukuran letak kumpulan data yang meliputi kuartil, desil, dan persentil.
4.    Memberikan tafsiran terhadap ukuran letak kumpulan data.
5. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai ukuran pemusatan data, yaitu rataan,     modus, dan median untuk data tunggal maupun data berkelompok. 
 6. Menentukan ukuran letak kumpulan data yang meliputi kuartil, desil, dan persentil.
7. Memberikan tafsiran terhadap ukuran letak kumpulan data.
8. Menentukan ukuran penyebaran data, meliputi jangkauan,  simpangan kuartil, simpangan rata-rata, ragam, dan simpangan baku.
9.  Menentukan data yang tidak konsisten dalam kelompoknya.
10.  Memberikan tafsiran terhadap ukuran penyebaran data.
11.  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai ukuran letak kumpulan data dan ukuran penyebaran data.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
aa. Peserta didik dapat menentukan ukuran pemusatan data, meliputi rataan (rataan data tunggal, rataan sementara data tunggal, rataan data berkelompok, rataan sementara data berkelompok, pengkodean atau coding data berkelompok), modus, dan median. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.);
b. Peserta didik dapat memberikan tafsiran terhadap ukuran pemusatan data. 
 (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.)
c. Peserta didik dapat menentukan ukuran letak kumpulan data yang meliputi kuartil, desil, dan persentil.(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.); 
d. Peserta didik dapat memberikan tafsiran terhadap ukuran letak kumpulan data.  
   (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.); 
e. Peserta didik dapat menentukan ukuran penyebaran data, meliputi jangkauan,  simpangan kuartil, simpangan rata-rata, ragam, dan simpangan baku. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.); 
f. Peserta didik dapat menentukan data yang tidak konsisten dalam kelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.);
g.   Peserta didik dapat memberikan tafsiran terhadap ukuran penyebaran data. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis.);

KEGIATAN BELAJAR      : 
       I.      Judul sub kegiatan belajar :
·   Ukuran pemusatan : Rataan, Modus, Median.
·   Ukuran letak : Kuartil dan Desil.
·         Ukuran Penyebaran : Jangkauan, Simpangan Kuartil, Variansi dan Simpangan Baku.
    II.      Uraian materi dan contoh
A. Memahami Rataan Hitung ( Mean)
1.    Rataan Hitung dari data tunggal          
                                                 
Contoh: Tentukan rataan hitung dari data:
9  8  4  12  6  9  5  3 
          
2.Rataan hitung dari data berkelompok
     
keterangan : xi = titik tengah interval kelas ke i
fi = frekuensi interval kelas ke i

                                              
Contoh :
1.      Diketahui distribusi frekuensi :
Nilai
Frekuensi
41 -50
51 -60
61 – 70
71 – 80
81 – 90
91 – 100
2
5
14
10
6
2

2.      Tentukan rataan hitung dari table diatas.
Jawab:
Nilai

Frekuensi
( fi )
Titik tengah
( xi )
Fi .xi
41 -50
51 -60
61 – 70
71 – 80
81 – 90
91 – 100
2
5
14
10
6
2
45,5
91



                  =        .....       =  
         B. Menentukan rataan hitung dengan rataan sementara
1. Dengan simpangan rata-rata
Langkah-langkah  :
a.       pilih rattan sementara (xs) dapat diambil dari salah satu titik tengah
b.      Tentukan simpangan (di) dari tiap-tiap nilai (xi) terhadap rataan sementara yang dipilih, dengan rumus di = xi - xs
c.       Rataan sesungguhnya ( yang dicari )  dapat dihitung menggunakan rumus :
            = xs   +      fi . di   
             fi
Contoh :
Lengkapilah daftar distribusi frekuensi di bawah ini. Kemudian hitunglah rataan hitungnya dengan mengambil rataan sementara xs = 162

T badan (cm)
f
xi
di = xi - xs
fi . di
152 – 154
155 – 157
158 – 160
161 – 163
164 – 166
167 – 169
170 – 172
173 - 175
6
13
12
22
10
11
4
2
153
162
-9
0
0

∑f = 80


∑ = …

 = xs +     fi.di  .
                  ∑ fi
 = 162 + …
 = …
2. Dengan pengkodean (ui)
Langkah-langkah  :
a.       pilih rattan sementara (xs) dapat diambil dari salah satu titik tengah
b.      Tentukan kode (ui) dari tiap-tiap nilai (xi) terhadap rataan sementara yang dipilih, dengan rumus ui = xi - xs  
                                                            p
c.       Rataan sesungguhnya ( yang dicari )  dapat dihitung menggunakan rumus :
    = xs +      fi . ui  . p 
           fi
Keterangan : ui = 0, ± 1, ± 2, …
P = panjang interval kelas
Contoh :
Dengan menggunakan table distribusi frekuensi pada contoh di atas, hitunglah rataan hitung dengan cara pengkodean.

T badan (cm)
f
xi
ui = di
      p
fi . ui
152 – 154
155 – 157
158 – 160
161 – 163
164 – 166
167 – 169
170 – 172
173 - 175
6
13
12
22
10
11
4
2
153
162
-3…
0
0

∑f = 80


∑ = …

  =  xs +     fi.ui  . p
                    ∑ fi
 = 162 + …
= …
          C. Menentukan modus median dan kuartil.
1. Modus
Modus adalah nilai datum yang paling banyak munculatau nilai datum yang mempunyai frekuensi terbesar.
Contoh :
Diketahui nilai ulangan matematika 10 siswa sbb:
5  6  6  6  7  8  8  8  9  10
Jawab:
Modus (Mo) = 6 dan 8
Modus dat kelompok ditentukan dengan rumus

Mo = L  +    d1         x  p
                    d1 + d2
Keterangan :
Mo = Modus
L    = Tb = tepi bawah kelas modus
d1    = selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas sebelumnya
d2   = selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas sesudahnya.
P    = panjang interval kelas

Contoh :
Tentukan modus dari data daftar distribusi frekuensi di bawah ini.

Nilai
Frekuensi
50 – 54
55 – 59
60 – 64
65 – 69
70 – 74
75 – 79
80 – 84
6
9
12
15
20
10
8

∑ f = 80
Jawab :
Kelas Modus  70 -74
L = Tb = 69,5
di = 20 -15 = 5
d2 = 20 – 10 = 10
p = 5

Mo = 69,5 +   5    .  5
                    5+15
= 69,5 + 1,25
= 70,75                 
2. Median, kuartil dan desil
Median adalah nilai tengah setelah data diurutkan.
Quartil ada 3 yaitu : Q1 (kartil bawah),  2 ( Median ) , Q3 ( kuartil atas)    
Dapat diperoleh dengan rumus :  
Qi = Li + i / 4  n -  ( ∑ f )i   . p
                          Fi
Ket : Li     =  tepi bawah yang memuat kuartil bawah Qi
(∑f ) = jumlah frekuensi sebelumquartil bawah Qi
fi      = frekuensi kelas yang memuat kuarti bawah Qi
i       = 1,2,3
                    Contoh :
Dari table distribusi frekuensi di bawah ini tentukan Q1, Median atau Q2 dan Q3.
                      Nilai
frekuensi
F kumulatif
15 – 19
20 - 24
25 – 29
30 – 34
35 – 39
40 – 44
45 – 49
3
6
10
15
8
5
3
3
9
19
34
42
47
50

∑ f = 50


 Jawab :
Q1 terletak pada data ke ¼ . 50 = 12,5  yaitu pada kelas 25 – 29.
Q1 = 24,5 + (12,5 – 9)/10 . 5
= 24,5 + 1,75 = 26,75
Q2 terdapat pada data ke  ½ . 50 = 25 yaitu pada kelas 30 -34.
Q2 = 29,5 + (15 – 19)/15 . 5
= 29,5 + …
=…
Q3 = …    + 
= …
Desil adalah suatu nilai yang membagi data menjadi sepuluh bagian yang sama banyak ( setelah data diurutkan). Cara menentukan Desil:
a.       Untuk data tunggal, dapat ditentukan dengan :
Di = i(n + 1)/10
b.      Untuk data kelompok, dapat ditentukan dengan :
Di = Li + (i/10 n – fk)/fi . p
Li = tepi bawah kelas
Fk = frekuensi kumulatif sebelum kelas Di
Fi = frekuensi kelas Di
Contoh :
Tentukan D2 dan D7 dari data berikut   3  4  10  5  7  6  5  6  7  4   7  7  10  6
Jawab :
Data diurutkan terlebih dahulu dari yang terkecil sampai yang terbesar :
3  4  4  5  5  6  6  6  7  7  7  10
D2  teletak pada urutan nilai ke 2(12+1)/10 = 2,6
D2 = x2 + 0,6 ( x3-x2 )
= 4 + 0,6 (4 -4)
= 4 + 0 = 4
D7 terletak pada urutan nilai ke 7(12+1)/10 =9,1
D7 = x9 + 0,1 (x10 – x9)
= 7 + 0,1 (7-7)
= 7 + 0 = 7
Contoh untuk data kelompok.
Tentukan Desil ke 7 dari data dibawah ini
Nilai
Frekuensi
50 – 54
55 – 59
60 – 64
65 – 69
70 – 74
75 – 79
80 – 84
6
9
12
15
20
10
8

∑ f = 80
  Jawab:
 
Nilai
Frekuensi
F kumulatif
50 – 54
55 – 59
60 – 64
65 – 69
70 – 74
75 – 79
80 – 84
6
9
12
15
20
10
8
6
15
27
42
62
72
80

D7 terletak pada data ke 7/10 x 80 = 56.
Kelas D7 pada interval 70 – 74
Fk = 42
F7 = 20
D7 = 69,5 + 56 – 42   . 5
                         20
= 69,5 + 3,5
= 73

D. Menentukan Simpangan Rata-rata, Ragam, Simpangan Baku.
1. Simpangan Rata-rata ( Deviasi Rata-rata )
a.  Untuk data tunggal
SR = ∑| xi – x |   
               n
b. Untuk data kelompok
SR = ∑Fi | xi – x |  
              ∑fi
Ket : xi = ukuran data ke i
x = rataan hitung
|…| = nilai mutlak
2. Ragam / Varian
1. Ragam data tunggal
S2 = ∑( xi – x )2
              n
2. Ragam data kelompok
S2 = ∑fi ( xi – x )2
             ∑fi
3. Simpangan Baku ( Deviasi Standart)
Simpangan baku adalah akar pangkat dua dari nilai ragam yang memilikisatuan yang sama dengan data.
S = √ S2
1. Untuk data tunggal
S = √∑( xi – x )2
              n
2. Untuk data kelompok
S = √∑fi ( xi – x )2
             ∑fi

MODUL  STATISTIK DAN PELUANG,   compiled by: ENDRAWITA, S.Pd


 III.      Latihan 2
     1.   Hasil ulangan matematika dari 15 siswa sbb:
      9  7  6  8  9  7  6  4  5  6  8  7  7  8  5
      Tentukan nilai rata rata dari data diatas 
2.     Tabel di bawah ini menunjukkan nilai matematika di suatu kelas.

Nilai
Frekuensi
40 – 46
47 – 53
54 – 60
61 – 67
68 – 74
75 – 81
82 – 88
2
5
7
10
8
6
2

Tentukan :   
a)      Nilai rata –rata dengan menggunakan rumus data kelompok
b)      Nilai rata –rata dengan menggunakan rataan sementara
c)      Nilai rata –rata dengan menggunakan coding
d)     Q1 dan Q3
               e)      Median atau Q2 
3. Dengan menggunakan data pada table no 2 , tentukan:
a. Simpangan Rata-rata
b. Ragam/Varians
c. Simpangan Baku

 IV.      Tes Formatif 1
( Terlampir)

    V.      Kunci Jawaban Latihan
(Terlampir)




MODUL  STATISTIK DAN PELUANG,   compiled by: ENDRAWITA, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar